rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Sabtu, 09 Februari 2013

Manfaat Buah Tomat


Hayoo, siapa yang nggak kenal sama buah berwarna merah ini ? pasti semuanya udah pada kenal. Ya iyalah, buah ini kan bisa ditemukan dimana-mana dan harganya cukup murah. Eitz... tapi jangan salah, di balik itu semua ternyata di dalam buah tomat mengandung berbagai macam nutrisi. Nutrisi-nutrisi itu antara lain kaya vitamin A ,C, mineral dan zat fitonutrien. Berdasarkan Daftar Komposisi Bahan Makanan yang dikeluarkan Departemen Kesehatan RI tahun 2000, kandungan zat gizi pada buah tomat (dalam 100 gram) adalah sebagai berikut : Kalori : 20 kkal,Protein : 1,0 gram, Lemak : 0,3 gram,Karbohidrat : 4,2 gram,Kalsium : 5 milligram,Vitamin A : 1.500 SI (Satuan Indonesia), Vitamin C : 40 milligram
Nah, selain mengandung zat-zat di atas, tomat juga mengandung Lycopene, yaitu semacam anti oksidan yang sangat berguna untuk menghancurkan radikal bebas akibat polusi kendaraan, asap rokok dan zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Lycopene juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel yang bisa mengakibatkan kanker, seperti kanker prostat, kanker mulut rahim dan sebagainya.  Bagi orang yang sedang mengalami demam, tomat mempunyai khasiat antipiretik yang dapat menurunkan demam, sementara seratnya dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir. Wah-wah, super sekali nih buah tomat :D !
Eh, masih ada lagi lho manfaat si merah ini. Dalam bidang kecantikan, buah tomat mampu menghilangkan jerawat sehingga wajah kita tampak halus dan kinclong, hehehe. Pengen tau caranya gimana ? cukup mudah kok, Pertama, peras tomat yang berwarna merah tua. Kedua, oleskan perasan atau irisan tomat pada lokasi jerawat dan biarkan beberapa saat. Ketiga, cuci dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari pada pagi dan sore selama satu minggu, maka wajah akan menjadi lebih halus.Di samping itu, ternyata kandungan karoten dan vitamin C pada tomat berfungsi sebagai antioksidan sedangkan asam sitratnya dapat mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat.
Oke, sekarang udah pada tau kan manfaat dari si merah ini ? semoga bermanfaat :D





0 komentar:

Posting Komentar